KNPB: Referendum Solusi Bagi Papua

JUBI --- Mako Tabuni, Juru bicara Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menegaskan, referendum adalah solusi yang paling tepat menyelesaikan persoalan status politik bangsa Papua saat ini.

“Kami rakyat Papua Barat menuntut Referendum. Karena referendum adalah solusi terbaik bagi Papua Barat,” ujar Mako Tabuni membacakan statement di hadapan pimpinan dan anggota DPRP, di Jayapura, Rabu (1/9) siang.

KNPB juga menyatakan menolak dan mengutuk dengan tegas agenda dialog antara Jakarta dan Papua yang sedang diupayakan oleh beberapa lembaga. “Dialog Jakarta-Papua merupakan langkah mundur bagi perjuangan bangsa Papua untuk berdaulat sebagai sebuah negara,” tegasnya.

Disaksikan ratusan massa, Mako Tabuni selanjutnya menyerahkan pernyataan tersebut kepada Ketua DPRP, John Ibo.

“Kami akan tindak lanjuti aspirasi rakyat Papua dengan mengirim fax ke Jakarta,” kata Ibo.

Sesuai permintaan massa, John Ibo dan beberapa anggota DPRP bersama perwakilan masyarakat serta Ketua DAP, Forkorus Yoboisembut menghadiri pengiriman fax tersebut. Konon, pernyataan sikap rakyat Papua dikirim ke DPR dan Presiden RI. Namun hingga massa aksi meninggalkan kantor DPRP sekitar pukul 18.15 WIT, belum ada balasan.

Mako menambahkan, pernyataan sikap disampaikan lantaran sejarah status politik Papua saat ini telah dimanipulasi untuk merubah pemahaman generasi muda berjuang meraih kedaulatan atas negerinya sendiri.

“Sudah cukup bangsa Papua menjadi tumbal kepentingan ekonomi, politik dan kekuasaan Indonesia, Amerika dan Belanda,” ujarnya. (Yarid Ap)

" Salam kompak selalu "