Banyak Aparat Daerah di Papua Terkena HIV/AIDS

Irwan Nugroho - detikNews

Nabire - Jumlah penderita HIV/AIDS di Papua terus meningkat. Di provinsi Papua, penderita penyakit ini mencapai 14,5% dari jumlah penduduk Papua. Sedangkan di Papua barat 1,8%. Ironisnya aparat pemerintahan daerah juga banyak yang terkena penyakit mematikan ini.

"Kalau ada program save papua maka pemeriksan pertama itu harus dilakukan pada aparat daerah," ujar Ketua Dewan Kesehatan Rakyat Papua Nelles Dogoma di sela-sela peluncuran pembangunan desa siaga di tanah Papua di Nabire, Papua, Jumat (17/10/2008).

Nelles menjelaskan faktor terbesar yang memicu kasus menularnya HIV/AIDs adalah hubungan seksual yang tidak aman. Rata-rata penderita HIV/AIDS adalah golongan ekonomi berkecukupan. Termasuk para pejabat daerah.

Nelles memaparkan jumlah Penderita HIV/AIDS di Papua adalah di Nabire dengan 435 kasus, kemudian di Jayapura 310 kasus dan terakhir di Mimila 175 kasus.

"Ini data terkini per 31 Agustus 2008," ungkapnya.

Untuk provinsi Papua Barat, Sorong menempati posisi tertinggi dengan 31 kasus, berikutnya Kota Sorong dengan 26 kasus.

Menurut Nelles data ini didapatkan dari lapangan secara door to door. Data ini juga telah disampaikan pada Menkes Siti Fadillah Supari.(rdf/ape)

memprihatinkan..pejabat dan rakyat di papua ternyata sama sj alias doyan seks..mgkin krn libido orang papua kyk-nya ckp tinggi dibandingkan dg daerah lain..cb sj ditjek di kepolisian setempat nistjaya perkara tjuki-2 alias perkara kesusilaan di papua ckp bnyk..dulu wkt gw tgs di nabire bnyk orang mabuk yg berkeliaran di jalan-2..gw klu dah maghrib gak berani keluar rmh, krn gw takut diperas orang mabuk..kadang orang mabuk di papua tidur di tengah jalan..minuman keras buatan lokal yg terknl di nabire wkt itu namanya bobo..makanya klu mau cpt kaya di papua banyak orang yg berbisnis minuman keras..miras dan seks sangat dekat dg orang papua..sdh saatnya dipikirkan scr progresif dan simultan bgm caranya mengatasi seks bbs dan miras di papua..perlu dipikirkan mengapa di papua seks bbs dan konsumen miras sangat tinggi sekali dibandingkan dg daerah lain di ind..dan bgm mengatasinya..!!!


Sumber : http://forum.kompas.com/showthread.php?7989-nabire-kota-kecil-tp-ada-435-kasus- penderita-HIV-AIDS

" Salam kompak selalu "